GAME ONLINE DAN PERUBAHAN PERILAKU REMAJA (Study Implementasi Kebijakan Berdasarkan Peraturan Mentri Komunikasi Dan Informatika No. 11 Tahun 2016 Tentang Klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik di SMK Tumapel Malang)

Penulis

  • Olivia Margie Sahetapy

Kata Kunci:

Game Online, Perubahan Perilaku Remaja

Abstrak

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana Implementasi
Kebijakan Game Online dan Perubahan Perilaku Remaja berdasarkan Peraturan Mentri Komunikasi
Dan Informatika No. 11 Tahun 2016 Tentang Klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik di SMK
Tumapel Malang dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam Implementasi
Kebijakan Game Online dan Perubahan Perilaku Remaja di SMK Tumapel Malang. Metode penelitian
yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Hasilnya Implementasi Kebijakan Game Online dan Perubahan Perilaku Remaja berdasarkan Peraturan
Mentri Komunikasi Dan Informatika No. 11 Tahun 2016 Tentang Klasifikasi Permainan Interaktif
Elektronik di SMK Tumapel Malang dengan indikator :Usia pengguna game online. Pada siswa maniak
gamer, dampak dari keberadaan game online ini telah mengubah pola kehidupan mereka sebelumnya
secara total (dalam hal interaksi, pencitraan diri dan perubahan perilaku individunya) dan memberi
dampak yang negatif bagi pemakainya dikarenakan kurangnya pengendalian diri

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-12

Terbitan

Bagian

Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat