PENGEMBANGAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) TENTANG PEMBERIAN LAYANAN PIUTANG JANGKA PENDEK INSTANSI PADA BIRO PERJALANAN WISATA DI KOTA MALANG

Penulis

  • Hendy Hermawan, Norma Yuniarti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan visi bagian
akuntansi Biro Perjalanan Wisata, (2) menghasilkan misi bagian akuntansi Biro
Perjalanan Wisata, (3) menghasilkan tujuan bagian akuntansi Biro Perjalanan
Wisata, (4) menghasilkan kebijakan mutu Biro Perjalanan Wisata, (5)
menghasilkan gambar struktur organisasi Biro Perjalanan Wisata, (6)
menghasilkan jabaran tugas berdasarkan struktur organisasi Biro Perjalanan
Wisata, (7) menghasilkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dibutuhkan
untuk bagian keuangan dan akuntansi Biro Perjalanan Wisata.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model
kolaboratif menurut Purwiyanto yang terdiri dari : (1) Identifikasi masalah, (2)
Indetifikasi tujuan, (3) Pengembangan desain produk, (4) Uji coba, (5) Revisi
produk, dan (6) Komunikasi produk. Peneliti memodifikasi agar standart
operasional prosedur yang akan dikembangkan oleh peneliti sesuai dengan
kebutuhan calon pengguna produk / user yakni menjadi sebagai berikut : (1)
Identifikasi masalah, (2) Indetifikasi tujuan, (3) Pengembangan desain produk, (4)
Uji coba, (5) Revisi produk, dan (6) Komunikasi produk. Uji coba lapangan hanya
dibatasi hanya sampai uji coba skala kecil karena objek penelitian ini sangat
spesifik yaitu pada usaha jasa di Biro Perjalanan Wisata.
Sedangkan hasil dari penelitian ini adalah Standar Operasional Prosedur
tentang Pemberian Layanan Piutang Jangka Pendek pada Instansi pada Biro
Perjalanan Wisata yang telah diajukan peneliti kepada pemilik usaha yang
dinyatakan sangat bermanfaat untuk mengembangkan usaha Biro Perjalanan
Wisata kedepannya.
Kata Kunci – Pengembangan, Standar Operasional Prosedur (SOP), Model
Kolaborati

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-12

Terbitan

Bagian

Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat