PENGARUH DISKON HARGA DAN MEREK PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDY KASUS PADA APLIKASI SHOPEE)

Penulis

  • Nurul Akramiah, A. Ratna Pudyaningsih, Denal Zavany

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskon harga dan merek produk terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Shopee serta mengetahui variabel yang mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian pembelian pada aplikasi Shopee pada masyarakat Kota Pasuruan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Pasuruan yang mempunyai aplikasi Shopee. Sampel yang digunakan sebanyak 70 responden dengan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dari uji t diperoleh temuan bahwa secara parsial diskon harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Shopee dimana nilai t hitung 4,217 > 1,996 t tabel, sedangkan merek produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Shopee dimana nilai t hitung 11,799 > 1,996 t tabel. Dari hasil uji F bahwa secara simultan diskon harga dan merek produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Shopee dimana nilai F hitung 197,055 > F tabel 3,13. Merek produk mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Shopee diperoleh nilai dominan sebesar 0,660

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-29

Terbitan

Bagian

Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat